Redaksi Iklan Pemasaran : Komplek Ruko Stadion Brawijaya  Jl. Ahmad Yani D-6  Kediri
Telp.(0354)-7000500 Fax. 0354 692543  E-mail : redaksi@majalahbuser.com
copyright . 2011 @ majalahbuser.com
Welcome to Our Website   www.majalahbuser.com
Redaksi Iklan Pemasaran : Komplek Ruko Stadion Brawijaya  Jl. Ahmad Yani D-6  Kediri
Telp.(0354)-7000500 Fax. 0354 692543  E-mail : redaksi@majalahbuser.com
copyright . 2012 @ majalahbuser.com
Buranga - majalahbuser.com,  Pembalakan hutan di kabupaten Buton Utara yang dilakukan pengusaha yang tidak bertanggung jawab makin merajalela.

Bahkan kegiatan Pembalakan (penebangan) yang dilakukan tanpa melihat kondisi hutan atau lokasi yang akan dirambah, karena Pembalakan yang mereka lakukan sudah berada kawasan hutan lindung.

Tetapi ironisnya,  kegiatan yang dilakukan para pengusaha selama ini sudah mengantongi ijin dari Dinas Kehutanan.

Dari pantauan majalahbuser ditemukan, tiga mobil truk, DD 9888 AA, DT 9020 AG, DT 9351 UG, yang masing masing bermuatan kayu untuk diangsut ke penampung Bau Bau/Kabupaten Buton.

Majalahbuser juga sempat melakukan wawancara dengan masing masing sopir mobil, serta mempertanyakan legalitas dan tempat pengambilan, pemuatan serta pemilik  kayu tersebut.

Masing masing sopir mengaku, kayu tersebut berasal dari SP 5 Langkumbe kecamatan Kulisusu Barat dan dokumenya (saat itu) belum ada, dan si Kecamatan Kambowa dokumenya ( SKAUK ) baru dibuatkan oleh KUPTD yakni Abu Sofyan.
Minggu, 29 Juni 2014

Ilegal Loging di Buton Makin Merajalela
"Dua truk mobil yang berisikan kayu tersebut milik seorang anggota Polsek Kulisusu, nama panggilanya Aco " ungkap salah seorang sopir mobil tersebut.  

Anehnya, kegiatan ilegal loging tersebut tidak pernah mendapat teguran dan tindakan dari pihak aparat penegak hukum, pasalnya mobil tersebut untuk menuju tempat pemuatan hingga sampai di tempat pengambilan dokumen (SKAUK ) melewati beberapa polsek yaitu, Polsek Kulisusu Barat, Polsek Bonegunu, dan Polsek Kambowa.

Aktifis lingkungan hidup Sulawesi Tenggara, Laode Baharudin (Bahar), menyorot maraknya pembalakan liar tersebut. Menurutnya, ada indikasi kerja sama antara pelaku ilegal loging sama pihak aparat penegak hukum yang seolah olah menutup mata dengan kegiatan tersebut.

Menurut Bahar, lemahnya pengawasan dari aparat yang berwenang  membuat ilegal loging makin  merajalela.

"Kelakuan pengusaha nakal itu sudah tidak bisa ditolelir lagi karna kegiatan yang mereka lakukan sudah sangat melampaui batas".  Tegasnya.

Bahar menambahkan, kegiatan ilegal loging yang selama sangat merugikan aset pendapatan daerah Kabupaten Buton Utara, serta mempunyai dampak lingkungan yang sudah sangat luar biasa dirasakan oleh masyarakat yang ada di sekitar area pembalakan.

"Aparat penegak hukum  yang ada di wilayah itu jangan hanya menutup mata, dan jika ada aparat penegak hukum yang bermain supaya diberi sanksi sesuai dengan kejahatan yang dilakukan" harapnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi, kadis kehutanan Kabupaten Buton Utara mengatakan, kalau pihaknya belum mengeluarkan ijin pengolahan kayu rakyat (IPKR) ditahun 2014, karna pihaknya masih akan melakukan perbaikan struktur.

"Jika ada ijin serta dokumen yang di keluarkan tahun ini, itu diluar sepengetahuan saya, berarti ada oknum oknum dalam dinas yang bermain" jelasnya kepada majalahbuser di kantornya. (hart)
Truk Pengangkut Kayu, diduga ilegal
      Berita Daerah  :

      Berita Nasional :