Redaksi Iklan Pemasaran : Komplek Ruko Stadion Brawijaya  Jl. Ahmad Yani D-6  Kediri
Telp.(0354)-7000500 Fax. 0354 692543  E-mail : redaksi@majalahbuser.com
copyright . 2011 @ majalahbuser.com
Welcome to Our Website   www.majalahbuser.com
Redaksi Iklan Pemasaran : Komplek Ruko Stadion Brawijaya  Jl. Ahmad Yani D-6  Kediri
Telp.(0354)-7000500 Fax. 0354 692543  E-mail : redaksi@majalahbuser.com
copyright . 2012 @ majalahbuser.com
Amnah (80), warga RT 02/03 Desa Cihuni nampak murka. Tak henti-hentinya ia mengumpat dalam bahasa Sunda sembari menunjuk-nunjuk lubang makam yang berantakan.

"Keluarga urang aya tujuh di dieu, nggeus karopong kabeh ayeuna! (Keluarga saya disini ada tujuh, sekarang makamnya sudah kosong semua!-red)," kata Amnah dengan mata terbelalak.
Selasa, 4 Februari 2014

81 Mayat Hilang di TPU Cigaten Tangerang

Tangerang - Pembongkaran 81 makam di pemakaman wakaf kawasan Kampung Cigaten, Desa Cihuni, Pagedangan, Kabupaten Tangerang membuat geger ratusan warga yang mengebumikan jenazah leluhurnya disana, sebab mayat-mayat yang dikubur hilang.
Amnah memaparkan, ia mendapati makam kakek, nenek, adik, serta beberapa kerabat lainnya sudah dibongkar habis.

Hanya lubang menganga sedalam kurang lebih 1,5 meter yang nampak.

Amnah sendiri terlihat kurang bisa berkonsentrasi saat ditanya wartawan. Emosinya terus meluap-luap.

"Balikin! Balikin semua jenazah kerabat saya! Kurang ajar sekali emang yang gali ini! Astaghfirullah," kata Amnah yang mengenakan kerudung putih.

Kasus pembongkaran makam itu sendiri sudah mulai marak sejak Sabtu malam (1/2/2014) lalu. Pembongkaran makam itu sendiri dikoordinir oleh seorang warga Desa Cihuni bernama Sobri.

Sabtu tengah malam, warga memergok dua laki-laki bernama Bewok dan Irsad tengah beristirahat di tengah kuburan sehabis membongkar makam. Warga pun menyergap keduanya.

Dari mulut Bewok dan Irsad, diketahui bahwa keduanya disuruh oleh Sobri. Warga pun beramai-ramai mendatangi rumah Sobri di Desa Cihuni, lalu menelepon polisi.

Sobri bersama dua kroninya kini tengah mendekam di sel tahanan Mapolsektro Pagedangan. Motif pembongkaran mayat tersebut diduga terkait konflik dengan pihak pengembang kawasan tersebut.


Usai Bongkar Makam di Cigaten, Pelaku Tumpuk 81 Mayat

Tiga tersangka pembongkar 81 makam Desa Cihuni Kabupaten Tangerang, yakni Sobri, Irsad, dan Durat alias Bewok memindahkan puluhan jenazah tersebut ke kawasan pemakaman lain di kawasan Desa Cihuni, Kampung Cigaten.

Kapolsektro Pagedangan, Komisaris Polisi Murodih menjelaskan, berdasarkan keterangan para tersangka, mereka sudah memindahkan seluruh jenazah dan menguburkannya kembali di lahan pemakaman lain tersebut.

Namun, Murodih menjelaskan, pada lahan pemakaman itu hanya terdapat 13 liang lowong.

"Alhasil, jenazah-jenazah itu ditumpuk-tumpuk. Menurut para tersangka, satu liang kubur bisa berisi enam sampai tujuh jenazah," kata Murodih, Senin (3/2/2014).

Murodih mengatakan, hingga sekarang polisi belum bergerak ke lokasi pemakaman dimana 81 jenazah tersebut dipindahkan.

"Sampai sekarang, kami belum dapat laporan dari warga yang merasa kehilangan makam keluarganya," kata Murodih.


Polisi: Pelaku Bongkar 81 Makam karena Disuruh Ahli Waris

Ketiga tersangka kasus pembongkaran makam, yakni Sobri, Irsad, dan Durat alias Bewok mengaku membongkar 81 makam di Kampung Cigaten, Desa Cihuni, Pagedangan, Kabupaten Tangerang karena disuruh seseorang.

Kapolsektro Pagedangan, Komisaris Polisi Murodih mengatakan dari pengakuan ketiganya mereka disuruh oleh seorang yang mengaku ahli waris keluarga yang dimakamkan di sana.

"Orang yang mengaku ahli waris itu meminta para tersangka memindahkan makam-makam yang ada disana ke sebuah lahan pemakaman lain di kawasan Cihuni," kata Murodih, Senin(3/2/2014).

Perihal adanya upah yang diberikan sang ahli waris kepada Sobri cs, Murodih mengaku belum mengetahuinya.

"Pemeriksaan belum sampai sana masih didalami," katanya.

Ia melanjutkan, usai memeriksa ketiga tersangka sampai tuntas, polisi akan memanggil sang ahli waris yang menyuruh Sobri cs. "Inisialnya juga belum diketahui," kata Murodih. (tribunnews)
Pembongkaran 81 makam membuat geger ratusan warga yang mengebumikan jenazah leluhurnya disana.

      Berita Daerah  :

      Berita Nasional :